Welcome Guest !!
twitter facebook rss

,

Profil Geografis

Secara geografis Provinsi Gorontalo terletak di antara 123008’04” – 123032’09” Bujur Timur (BT) dan 00024’04” – 01002’30” Lintang Utara (LU) dengan luas wilayah 12.215,45 Km2. Adapun batas wilayahnya Provinsi Gorontalo adalah:
  • Sebelah Utara berbatasan dengan Laut Sulawesi ;
  • Sebelah Timur berbatasan dengan Provinsi Sulawesi Utara ;
  • Sebelah Selatan dengan Teluk Tomini;
  • Sebelah Barat berbatasan dengan Provinsi Sulawesi Tengah.
Provinsi Gorontalo diresmikan pada tanggal 16 Pebruari 2001 berdasarkan Undang Undang Nomor 38 tahun 2000. Wilayah Provinsi Gorontalo terbagi atas 4 Kabupaten dan 1 Kotamadya yang juga merupakan Ibukota Provinsi.
Sebagian besar wilayah Gorontalo terdiri dari pegunungan yang membentang dari Utara hingga ke Selatan yang menyajikan pemandangan alam yang sangat mempesona, hamparan pesona nyiur melambai yang dapat dinikmati dari sekian banyak bukit menawarkan pesona wisata yang sangat indah.
Pesona kawasan laut pun seakan tidak mau kalah, laut bagian Selatan yang lebih dikenal dengan sebutan Teluk Tomini menyajikan hamparan pulau-pulau kecil yang tidak berpenghuni yang dikelilingi pantai pasir putih serta pesona bawah laut yang menghadirkan keanekaragaman mahluk hidup yang menghiasinya antara lain ikan-ikan kecil maupun besar sejenis ikan paus, lumba-lumba, tebing karang, tiang karang, dll. Hal tersebut bisa saja terjadi karena Teluk Tomini merupakan salah satu kawasan di dunia yang dilintasi oleh garis khatulistiwa sehingga batu karang yang indah membentang dapat dinikmati dari permukaan laut dengan menggunakan kapal-kapal kecil.

 

PENDUDUK LOKAL

Jumlah penduduk tahun 2010 yang disajikan merupakan angka hasil sensus penduduk. Jumlah penduduk Provinsi Gorontalo pada tahun tersebut sebanyak 1.040.164 jiwa, yang terdiri dari 521.824 jiwa penduduk laki laki dan 518.250 jiwa penduduk perempuan.
Laju pertumbuhan penduduk Gorontalo tahun 2010 mencapai 2,28 persen. Kepadatan penduduk terbanyak berada di Kota Gorontalo dengan 2.719 jiwa/km2. Wilayah dengan kepadatan penduduk terkecil adalah Kabupaten Pohuwato, yaitu hanya sekitar 30 jiwa/km2. (sumber:www.gorontaloprov.go.id)

IKLIM

iklim daerah khatulistiwa yakni 2 (dua) musim : Hujan dan Kering. Dimulai dari bulan September yang meniupkan angin utara yang melintasi Laut Cina dan sampai ke Laut Sulawesi, cuaca ini berakhir pada bulan Nopember. Musim dingin berlangsung selama bulan Nopember hingga bulan Maret. Sedangkan musim kering atau panas berlangsung selama bulan April hingga Oktober.

 

AGAMA

Penduduk Gorontalo selain terdiri dari berbagai macam suku, juga terdiri dari macam agama yang sah menurut hukum di Indonesia, yakni ; Islam, Kristen, Hindu dan Budha. hidup rukun dan damai. Gorontalo ditetapkan sebagai daerah yang tidak termasuk dalam kawasan rawan konflik, hal ini dibuktikan dengan kerukunan antar pemeluk agama yang sudah terjalin dari jaman penjajahan sampai sekarang.

 

TRANSPORTASI


Udara

Bandar Udara Jallaludin merupakan pintu masuk bagi pengunjung yang menggunakan jasa angkutan udara (+ 15 Km dari Kota Gorontalo). Beberapa maskapai penerbangan yang menjadwalkan pesawatnya untuk melakukan penerbangan komersial yang menyinggahi daerah ini. Pesawat berbadan lebar sejenis Boeing 737 sudah dapat mendarat di Bandara ini. Dengan rute penerbangan Gorontalo-Makassar-Jakarta, Gorontalo – Manado.

 

Darat

Jalur Trans Sulawesi merupakan akses yang menghubungkan seluruh Propinsi yang ada di Pulau Sulawesi. Selain kondisi jalan yang baik, di samping kiri dan kanan jalan para pengguna jalan akan disuguhi pemandangan alam yang indah sepanjang jalur ini.

 

Laut

Propinsi Gorontalo memiliki 5 (lima) buah Pelabuhan Laut yakni; Pelabuhan Gorontalo, Pelabuhan Anggrek, Pelabuhan Kwandang , Pelabuhan Tilamuta dan Pelabuhan Bumbulan Marisa serta 2 (dua) Pelabuhan Penyeberangan yaitu pelabuhan penyeberangan Gorontalo dan pelabuhan penyeberangan Marisa

 

Transportasi lokal

  • Mikrolet; merupakan alat transportasi yang disediakan untuk penumpang dalam kota selain alat transportasi yang lain. Kapasitas mobil angkutan ini adalah 7-14 penumpang.
  • Taxi; merupakan alat transportasi alternatif  yang baik untuk angkutan dalam dan luar kota.
  • Bentor; merupakan alat transportasi yang diklaim merupakan hasil pemikiran kreatif dan inovatif. Masyarakat Gorontalo yang didasari keinginan untuk mencari sebuah alat transportasi yang dapat bergerak bebas dan cepat menuju lokasi yang dituju. Namanya sendiri diambil dari rupa bentuknya yang merupakan gabungan Becak dan Motor. Kapasitas bentor ini berjumlah 4 orang bersama pengemudinya.
  • Bendi; adalah kendaraan tradisional yang menggunakan tenaga kuda, kapasitas muatannya 4 orang. Bagi seseorang senang berpetualang, mengendarai kendaraan ini sangat menyenangkan.

 

FASILITAS PENUNJANG

Keinginan anda untuk berbelanja dapat langsung terpenuhi karena Gorontalo memiliki banyak toko dan supermarket yang menjual berbagai kebutuhan masyarakat. Toko-toko yang menjual hasil kerajinan tangan yang unik banyak terdapat di pusat kota, serta dapat pula langsung mengunjungi tempat atau pusat kerajinan daerah Gorontalo sambil dapat melihat atraksi pembuatan kerajinan tangan tersebut.
Pelayanan 24 jam apotik / toko obat banyak terdapat di Gorontalo dengan harga yang ekonomis. Juga terdapat beberapa rumah sakit yang dilengkapi sarana yang lengkap, serta beberapa klinik dan laboratorium kesehatan.
Bank dengan pelayanan ATM selama 24 jam banyak tersedia di pusat-pusat perbelanjaan, juga terdapat tempat penukaran mata uang yang semakin mempermudah perjalanan anda.

 

FLORA DAN FAUNA

Gorontalo memiliki berbagai macam jenis floara dan fauna. Satwa langka yang ada di Sulawesi khususnya Gorontalo adalah Babi Rusa, Anoa, Tarsius dan Burung Maleo. Burung Maleo adalah burung yang unik karena memiliki telur yang besarnya 8 kali lebih besar dari telur ayam dan hal ini tidak sesuai dengan ukuran tubuhnya yang kecil.Setelah bertelur burung Maleo meletakkan telurnya di dalam pantai. Telur burung Maleo banyak ditemukan di sepanjang pesisir Pantai Kecamatan Marisa Kabupaten Boalemo. Sedangkan Tarsius merupakan hewan primata terkecil di dunia yang memiliki panjang + 10 Cm. Hewan-hewan dapat ditemui dipedalaman hutan lindung nasional Nani Wartabone dan Hutan Nantu. Selain dihuni oleh berbagai jenis margasatwa, hutan lindung ini dipenuhi aneka flora, termasuk berbagai jenis kayu berkualitas tinggi; di antaranya kayu hitam ( Ebony ), Lingua, Nantu, Meranti, Rotan, dll.

 

SENI DAN BUDAYA


Gorontalo memiliki berbagai ragam seni dan budaya tradisional. Yang dapat diklasifikasikan sebagai berikut :
  • Seni kerajinan tangan : Kerawang dan Kopiah Keranjang.
  • Berbagai macam perlengkapan yang digunakan d setiap upacara adat.
  • Bagunan dan rumah adat yang menggunakan konstruksi kayu, serta begitu banyaknya rumah dan bangunan peninggalan penjajah ( Kolonial Belanda ).
  • Budaya “HUYULA” yakni budaya gotong-royong yang telah menjadi tradisi dari generasi kegenerasi.
  • Tarian dan musik yang menggunakan instrumen tradisional.
  • Legenda dan cerita rakyat.

 

Makanan

“Binthe Biluhuta” adalah makanan khas daerah Gorontalo. Bahan utama dari makanan ini adalah jagung yang telah direbus dan dicampur dengan parutan kelapa dan berbagai macam daun-daunan rempah. Sedangkan kue khas Gorontalo adalah “Pia”.

 

Minuman

“Bohito” adalah minuman yang diambil dari sari pohon Enau, minuman ini mengadung alkohol kadar rendah dan terdiri dari dua rasa, yakni manis dan asam. Sari pohon Enau biasa juga digunakan sebagai bahan dasar pembuatan “Pahangga” atau biasa disebut gula merah, proses pembuatannya sangatlah unik untuk disimak.

 

Alat Musik Tardisional Gorontalo

“Polo – palo” Alat ini tebuat dari bambu yang dipotong seruas. Sekilas alat ini mirip moncong buaya yang terbuka, dengan sebuah lubang kecil yang digunakan sebagai tempat merubah suara. Alat ini dibunyikan dengan cara memukulkannya berkali-kali ke paha kaki pemain dan akan mengeluarkan suara seperti namanya yakni “polo, palo”



Share |

0 comments

Readers Comments

Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan blog Gorontalo Life. Admin berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Shopping Cart

Total Items:
SubTotal:
Tax Cost:
Shipping Cost:
Final Total:

Terbaru

Sponsored By

Featured Video

Our Sponsors

Our Sponsors

Visit Gorontalo Info and Guide