Welcome Guest !!
twitter facebook rss

,

Kabupaten Pohuwato

 

Pantai Bolihutuo
Pantai ini dipenuhi pohon – pohon pinus raksasa, sehingga susana sangat sejuk dan tenang. Hamparan pasir putih yang membentang menambah keindahan lokasi wisata ini. Dilengkapi dengan beberapa cottage yang dikelola oleh masyarakat sekitar, keindahan tempat ini memungkinkan munculnya pengalaman dan kenangan indah yang tak terlupakan.
 
Perkampungan Suku Bajo
Suku Bajo merupakan salah satu suku yang ada di Indonesia, yang hidup berkelompok dengan adat dan kebiasaannya sendiri. Salah satu keunikan suku ini ialah bertempat tinggal di atas air, identik dengan cara hidup dan mata pencaharian mereka sebagai nelayan. Suku Bajo yang ada di Kabupaten Boalemo saat ini terdapat di Desa Bajo Kecamatan Tilamuta dan Desa Torosiaje Kecamatan Popayato. Dalam perkembangannya dewasa ini, suku Bajo terbagi menjadi 2 kelompok, yaitu kelompok yang tetap mempertahankan tradisi nenek moyang mereka dengan bertempat tinggal di atas perahu dan kelompok bertempat tinggal di atas air di mana mereka telah membangun rumah–rumah panggung yang sederhana untuk ditempati.

Kelompok Bajo yang hidup di atas perahu dikenal dengan sebutan ‘Bangau’. Walaupun mereka berpindah dari satu pulau ke pulau yang lainnya namun pada akhirnya mereka tetap kembali ke Pulau Toro Pantai. Pulau–pulau yang mereka tempati antara lain; Pulau Bonda Siaje, Pulau Pajoge Daa, dan Pulau Tangkoba, berada di seputaran perairan Lemito Kecamatan Popayato.

Sebagian perairan di sekitar pulau–pulau tersebut airnya sangat jernih, sehingga memberikan kesan yang sangat menarik untuk menikmati pemandangan di bawah laut. Pada beberapa bagian tertentu dari kawasan ini dijadikan tempat pembudidayaan mutiara dan rumput laut oleh masyarakat sekitarnya.


Share |

0 comments

Readers Comments

Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan blog Gorontalo Life. Admin berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Shopping Cart

Total Items:
SubTotal:
Tax Cost:
Shipping Cost:
Final Total:

Terbaru

Sponsored By

Featured Video

Our Sponsors

Our Sponsors

Visit Gorontalo Info and Guide