Welcome Guest !!
twitter facebook rss

,

Kabupaten Gorontalo

Pemandian Air Panas Pentadio
Ini merupakan pusat pemandian air panas di Kabupaten Gorontalo. Selain pengembangan kolam pemandian, juga disediakan kamar-kamar sauna, juga dikembangkan sarana SPA. Di tempat ini pula disediakan bungalow-bungalow kecil yang bisa dijadikan tempat makan sambil menikmati pemandangan Danau Limboto. Pemandian air panas yang mengandung belerang ini terletak sekitar 10 km dari pusat kota. Keunikan utama dari pemandian ini ialah anda dapat merebus telur hingga matang di dalam mata airnya. Selain khasiat dari mata airnya itu sendiri yang dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit kulit, di sini juga dapat dinikmati mandi uap atau sauna.

Rumah Adat Gorontalo (Bantayo Poboide)
Rumah adat terletak di pusat Kota Limboto Kabupaten Gorontalo. “Bantayo” dalam bahasa daerah Gorontalo berarti gedung, sedang “Poboide” berarti tempat ber-musyawarah. Bantayo Poboide sebagai rumah adat asli Gorontalo selain melambangkan kebudayaan daerah, juga berfungsi sebagai sarana dan prasarana kegiatan seni dan budaya daerah Gorontalo. Bantayo Poboide mempunyai beberapa keunikan di antaranya adalah terdapat banyak ruangan/kamar di dalamnya yang masing-masing mempunyai fungsi yang berbeda. Selain dari itu juga setiap ornamen yang terdapat pada bangunan tersebut melambangkan sendi–sendi kehidupan masyarakat Gorontalo.

Sentra Industri Kerajinan Kerawang (Karawo)
Kerawang yang merupakan kerajinan khas Gorontalo, adalah salah satu kerajinan tangan yang sangat potensial untuk dikembangkan. Produk yang dihasilkan dari kerawang ini antara lain berupa pakaian pria maupun wanita. Uniknya, walaupun kerajinan ini dikerjakan dengan tangan, namun hasilnya terlihat seperti dikerjakan dengan mesin. Hasil industri kerajinan kerawang ini, di samping dipasarkan untuk memenuhi kebutuhan lokal juga telah dipasarkan pada tingkat mancanegara. Ternyata sampai kini turis mancanegara khususnya tidak pernah tidak membeli kerawang kenang-kenangan.

Danau Limboto
Pintu masuk danau ini adalah Desa Iluta yang berjarak 10 km dari pusat kota. Keunikan dari danau ini di antaranya ialah terdapat bermacam-macam jenis ikan air tawar yang tidak terdapat di daerah lain. Selain itu di danau ini juga pernah dijadikan tempat mendaratnya pesawat amphibi Katelina yang ditumpangi oleh Presiden Pertama Republik Indonesia, Bung Karno.

Menara Keagungan
Menara Keagungan merupakan menara dengan tinggi 60 meter pada bagian atas menara disediakan teropong sehingga anda dapat melihat pemandangan Danau Limboto dan sekitarnya. Bagian interior menara ini diperuntukkan bagi etalase-etalase souvenir dan restoran. Menara ini diharapkan dapat menjadi simbol Propinsi Gorontalo. 




Share |

0 comments

Readers Comments

Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan blog Gorontalo Life. Admin berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Shopping Cart

Total Items:
SubTotal:
Tax Cost:
Shipping Cost:
Final Total:

Terbaru

Sponsored By

Featured Video

Our Sponsors

Our Sponsors

Visit Gorontalo Info and Guide